Saturday, January 7, 2012

Kalau Mau Cantik, Hindari Kebiasaan Ini


Kalau Mau Cantik, Hilangkan Kebiasaan Buruk Ini

Maksud hati ingin tetap cantik. Tapi, tak jarang kita kerap melakukan hal-hal yang bisa berdampak jelek pada dandanan.

1.Malas Pakai Sunblock
Jangan lupa dan malas buat kasih perlindungan sama wajah cantik kita dengan memakai sunblock saat beraktivitas dibawah terik matahari, biar wajah terjaga dari bahaya sinar UV. Oleskan 20 menit sebelum keluar rumah.
2. Berbagi Make Up
Saling pinjam meminjam make up itu bisa jadi hal yang merugikan lho, maksud baik kita meminjamkan make up ke teman, yang ada malah jadi sarang berpindahnya bakteri. Seperti eyeliner yang dipinjem sahabat yang sedang sakit mata atau pinjam kuas blush on dari teman yang lagi berjerawat atau yang lebih parah lagi seperti exim, bisa-bisa kita jadi ikutan tertular.. Uuuhh, no way!
3.Malas Bersihkan Make Up
Sisa make up yang menempel pada wajah bisa menyumbat pori-piri wajah. Sehingga jika kita enggak bersihkan make up terlebih dahulu sebelum berolah raga, bisa-bisa saat kita berkeringat, bakal  tertahan di bawah kulit yang memicu timbulnya jerawat.
4. Pakai Make Up Kadaluwarsa
Karena berasa sayang, mahal dan merasa masih bagus dan layak pakai, kita jadi enggan buat membuang make up kita yang sudah 'berumur' 6 bulan bahkan lebih. Perlu diingat, bahwa make up punya waktu kedaluarsa. Rata-rata untuk maskara, usianya maksimum hanya 3-4 bulan. Untuk concealer dan foundation, ganti setiap setahun sekali dan bedak setiap 2 tahun sekali, sedangkan lipstick dan blush on dan eyeshadow bisa bertahan 1-3 tahun.
 5.Gemas Dengan Jerawat
Pas lagi berjerawat, pasti pengin yang namanya memegang, memencet dan menggaruk jerawat kita.  Padahal, hal itu bisa memicu berpindahnya bakteri dari tangan ke jerawat, sehingga bisa berakibat tumbuhnya jerawat baru. Selain itu, dengan kita menggaruk dan memencet jerawat, malah akan meninggalkan bekas jerawat / flek pada wajah cantik kita.
6. Mengocok Kuas Maskara Berulang Kali
Kebiasaan mengocok kuas maskara dengan harapan saat diaplikasikan mendapatkan tektur yang pekat biar bulu mata terlihat lentik dan tebal.. Ternyata, terlalu sering mengocok kuas maskara, justru bikin udara gampang masuk ke dalam botol dan membuat maskara cepat kering, sehingga saat diaplikasikan ke bulu mata, malah jadi menggumpal. Padahal, Kemasan botol maskara didesain untuk menakar jumlah isi cairan maskara untuk setiap pemakaian. Coba deh, bersihkan sikat maskara dengan tissue, lalu cukup celupkan sekali saja ke dalam botol, untuk setiap pengaplikasian berikutnya.
7. Menjepit Bulu Mata Berulang Kali Setelah Memakai Maskara
Saking penginnya bulu mata terlihat lentik maksimal, sampai-sampai menjepit bulu mata berulang kali dalam keadaan sudah diberi maskara.. Wah, tahu enggak sih, kalau hal itu justru bikin bulu mata gampang patah dan rontok, karena, kandungan maskara cenderung mengeras dan kaku sehingga akan lebih rapuh. Atasi dengan memilih maskara yang mengandung kolagen, hasilnya bulu mata akan terlihat lentik maksimal sekaligus merawatnya biar enggak gampang rontok.
8. Mengucek Mata
Kulit seputar mata cenderung lebih tipis dan sensitif dibandingkan kulit wajah lainnya. Nah, jika kita kebiasaan mengucek mata terlalu sering dan keras karena gatal, malah bikin iritasi dan kulit disekitarnya juga bisa jadi keriput lebih cepat. Enggak mau kan? Sama halnya saat kita membersihkan make up pada area mata, sebaiknya pakai eye remover dengan bantuan cotton bud dan tekan secara perlahan. Jangan sampai sisa maskara masih tertinggal, karena hal ini bisa mengakibatkan bulu mata gampang rontok. Make up pada mata, juga bisa menimbulkan iritasi, dan bila area kulit tersebut enggak sehat, kerut halus pun bisa lebih cepat muncul.
9.Mengelupas Bibir Kering
Ayooo ngaku, siapa yang punya kebiasaan mengelupas kulit bibir dan saat bibir terasa kering malah membasahkan dengan menjilatnya dengan maksud bibir akan kembali lembab. Ternyata, justru membuat bibir makin kering. Oleskan lip balm, agar kelembaban bibir kembali normal.

No comments:

Post a Comment