Sunday, November 17, 2013

Problematika Mbps dan Kbps


Konichiwa minna san! Welcome to KUBE CHENDRA at Cloudy Sunday! Meskipun mendung harus tetep semangat!!

Tahu internet kan? Jelas pasti semua orang tahu. Kita bisa manfaatin internet buat cari referensi/tutorial, download lagu, download gambar, download & nonton video, bloging, chating, dan masih banyak lagi pokoknya. Dan sebagian besar orang di dunia menggunakan internet untuk mengakses social media, berguna sih tapi jangan sampai kita lupa waktu lah pokoknya. Kita bisa mengakses internet menggunakan perangkat seperti HP, Laptop, Tablet. Pasti sebagian besar orang mencari provider yang ngasih biaya murah & koneksi yang cepat. Tapi ingat nothing is perfect gan, nggak mungkin ada provider ngebut & berongkos murah. Trus berapa kecepatan modem agan-agan? 3.1 Mbps? atau 14.4 Mbps? Setiap provider berbeda-beda. Satuan kecepatan internet yang paling lumrah adalah Kbps dan Mbps, tapi agan tahu kepanjangannya? Dan apa bedanya dengan MBps dan KBps?

Jadi gini gan, kepanjangan dari Mbps dan Kbps itu "Mega bit per second" dan "Kilo bit per second", jadi kesimpulannya Mbps itu bukan Mega byte per second, tapi Mega bit per second. Jika itu Mega Byte per second maka akan dituluis MBps, serta Byte dan bit itu berbeda. Dan ane yakin banyak orang salah mengartikan ini. Oke lanjut penjelasannya...

Ane yakin banyak orang yang ngeluh seperti "kenapa sih modem ane lemot buat download film padahal kecepatan modem ane (sebut saja) 2.3 Mbps", dan itu bakal jadi contoh penjelasan ane.

# Diketahui: Kecepatan modem = 2.3 Mbps
* Ditanya: Kenapa masih lemot?
= Penyelesaian: gini gan, jika di konversi, 2.3 Mbps itu sama dengan 2300 Kbps. Setelah itu 1 Byte sama dengan 8 bit. So, dengan ilmu matikamatika (baca:matematika) yang cermat menjadikan 2300/8 = 287.5 KBps. Jadi kecepatannya adalah 287.5 KBps (jauh dari harapan agan-agan pastinya).

Konversinya:
1 Byte = 8 bit
1 KByte = 1024 bit
1 MByte = 1024 KByte
1 MByte = 1048576 Byte
biar tambah greget
1 MByte = 8388608 bit

Jadi, sekarang agan-agan ngerti kan apa perbedaannya? Jadi sekarang kagak usah ngeluh sama lemot dan sebagainya, karena kecepatannya ya itu.

- mengadaptasi dari http://topan.web.id/perbedaan-kecepatan-internet-mbps-mbps-kbps-dan-kbps/ dan ane berterimakasih atas infonya.

Sekian artikel dari ane, semoga bermanfaat bagi aga-agan semua. Sayonara!!!

1 comment: