Saturday, March 10, 2012

Tempe Dan Khasiatnya


Konichiwa minna san... Good afternoon... Welcome back to KuBe Chendra :)
Siang ini bingung mau makan apa, di meja cuma ada sebuah tempe goreng dan semangkuk sambal kecap. Tak peduli lapar atau tidak, langsung makan aja. Karena rasanya enak, jadi punya ide buat artikel tentang makanan satu ini.
Ya, kita akan membahas tantang "Tempe". Memang makanan khas satu ini sudah pasti banyak dikenal orang, baik tua maupun muda. Dan rasanya juga kita pasti ingat, pasti tak kalah dong sama ayam goreng? Iya kan?
Tempe merupakan makanan dari kedelai melalui proses fermentasi, lebih dikenal dengan "ragi tempe". Sepotong tempe mengandung unsur bermanfaat, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta komponen antibakteri yang bermanfaat untuk kesehatan.
Tempe paling banyak kita jumpai di warteg dengan berbagai bentuk seperti kripik, bacem, atau mungkin sudah dicampur ke dalam sayur yang biasa kita makan. Tempe telah dijuluki "makanan semua umur", karena makanan satu ini cocok dimakan siapa saja, balita maupun lansia. Tempe juga bisa mencegah anemia terutama pada wanita. Karena di dalam tempe ada vitamin B12 dan zat besi yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu tempe juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tak lupa juga kandungan anti oksidan yang bersifat mencegah kanker dan mempunyai protein yang tinggi untuk mengatasi diare. Bagi yang nggak mau kanker, makan aja tempe. InsyaALLAH terhindar dari kanker. Amin.
Semoga artikel ini bermanfaat unutk anda, bagi yang bingung cari tempe tak usah khawatir. Cari aja di pasar-pasar terdekat. Ingat, pilih yang berkualitas baik ya.. :)
Sayonara.. :)

No comments:

Post a Comment