Friday, July 20, 2012

Ramadhan 1433 Telah Tiba : Penentuan Waktu Yang Rumit


Konichiwa minna san! Welcome to KUBE CHENDRA at Friday!
Yeah! Ramadhan telah tiba! Saatnya kita kembali mensucikan diri di bulan Ramadhan. Waktunya untuk berpuasa lagi, waktunya untuk tarawih lagi. Berita Ramadhan tahun ini sungguh menerima respon positif yang sangat banyak sekali. Dan kali ini KUBE CHENDRA juga akan membahas tentang Ramadhan 1433 Hijriyah ini.
Tapi, kali ini lebih menjurus dengan penetapan waktu Ramadhan. Memang kemarin banyak orang bilang kalau puasa akan di laksanankan pada hari Jum'at, tapi berdasar dengan sidang Isbat kemarin akhirnya Ramadhan ditetapkan pada hari Sabtu. Ini juga berdasarkan pertimbangan yang rumit, saya sendiri yang menonton siaran sidang Isbat kemarin saja harus menunggu lama sampai jam 9 malam lebih buat nunggu keputusan kemenag (Kementrian Agama) ketok palu. Hal ini karena kemarin sore hilal tidak muncul. Meskipun awal puasa di tetapkan hari Sabtu, tapi banyak yang memulainya pada hari ini, bahkan ada yang jauh sebelumnya. Perbedaan ini yang membingungkan masyarakat tentang awal puasa Ramadhan yang seharusnya tidak perlu menjadi masalah yang merumitkan. Banyak yang menulis di Yahoo kalau perlu dibuat kesepakatan bersama tentang penentuan awal Ramadhan dan hari Idul Fitri yang ditaati bersama.
Mungkin itu saja post dari saya, dan saya mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan, selamat berpuasa bagi yang menjalankan. Saya pribadi mengikuti pemerintah, jadi saya juga mengingatkan hari ini Tarawih bagi yang menjalankan.
Sekian dan terima kasih, Sayonara! ^_^

No comments:

Post a Comment