Friday, October 12, 2012

Alasan Mengapa Desktop PC Belum Punah


Konichiwa minna san! Welcome to KUBE CHENDRA at Friday!
Tahu komputer kan?? Pasti tahu semua, alat elektronik satu ini udah jadi "mainstream" sejak lama. Tapi semua berubah saat Android dan iPhone menyerang, hahahaha :D
Meskipun sekarang jaman portable, tapi alat elektronik satu ini masih mampu bertahan di arus Smartphone walaupun peminat Desktop PC semakin menurun. Semua ada sebabya, diambil dari Tempo.co dan ini jawabannya:


1. Desktop PC Lebih Murah

Percaya nggak percaya, tapi itu benar. Coba saja kalian beli laptop baru dan Desktop PC baru, bandingkan harganya. Ini karena komponen yang menyusun laptop itu lebih kecil dari Desktop PC. Meskipun begitu jika kita membeli Desktop PC, kita juga harus membeli alat-alat eksternalnya.

2. Desktop PC Lebih Kuat

Kalau ini jelas. Karena laptop mempunyai komponen kecil yang dirancang untuk menggunakan sedikit energi, lagipula laptop juga menggunakan baterai yang membuat energi laptop menjadi sedikit. Sedangkan Desktop PC berkomponen besar dan hanya membutuhkan "kipas pendingin" untuk mendinginkan, membuat kecepatan Desktop PC menjadi cepat dari laptop.

3. Mempunyai Lebih Banyak Kabel USB

Ini jelas sekali. Jika dihitung-hitung, laptop punya paling banyak 5 atau 6 (setahu saya), tapi Desktop PC mempunyai colokan USB yang lebih banyak, meskipun laptop bisa dipasang lubang USB eksternal.

4. Layar Lebih Besar

Penelitian menunjukkan bahwa Desktop PC dengan layar lebar akan mempermudah pekerjaan. Layar laptop paling lebar 17 inch, jika Desktop PC bisa lebih besar sekitar 24 inchi. Itupun laptop layar 17 inch tidak terlalu efisien untuk dibawa.

5. Kualitas Lebih Tinggi Saat Bermain Game

Memang banyak laptop yang dirancang untuk game, seperti Alienware M17 dilengkapi Processor Intel Core i7 dan NVidia GeForce GTX 680M. Namun laptop seperti ini hanya mengakomodasi sedikit VGA bahkan dalam perangkat yang nyaris tidak portable.

6. Memperbaiki Desktop Lebih Mudah

Memperbaikinya tinggal mengambil Hardware yang rusak (seperti CPU, Monitor, dsb) untuk di servis atau menggantinya dengan yang baru.

7. Dapat Menggunakan Software Lebih Efisien

Meskipun laptop sekarang bisa dipakai untuk membuka app yang lumayan berat seperti Adobe Photoshop atau Corel Craw, namun app ini akan berjalan lebih efisien dan ringan di Desktop PC.

8. Desktop PC Lebih Bertahan Lama

Meskipun kenyataannya Desktop PC tidak bisa dibawa secara efisien (portable), namun justru itulah Desktop PC lebih tahan lama karena tak banyak bergerak seperti terbentur saat dibawa.

9. Desktop PC Lebih Di Percaya Warnet

Meskipun sekarang ada warnet hotspot (tinggal bawa gadget langsung online), tapi warnet masih mempercayakan pada PC. Dan warnet PC terbukti masih laris, dan soal penjalanan program juga sangat cepat khususnya game online. Selain itu juga lebih aman karena Desktop PC tidak mudah untuk dicuri (terutama saat pencuri membawanya).

10. Siapapun Bisa Merangkai PC

Merangkai laptop lebih sulit daripada PC. Karena komponennya kurang kuat dan lebih mahal.


Nah itu tadi alasannya, menurut saya pribadi lebih baik menggunakan Laptop saat ada pertemuan penting atau saat mengerjakan dokumen, tapi saya memilih PC saat menulis blog, seperti sekarang ini! ^_^
Sekian, Sayonara.

No comments:

Post a Comment